Tipat Kuah

Tuesday, January 23, 2007

BLACK HAWK DOWN - BAGHDAD Series


Jatuhnya heli Black Hawk di tenggara Baghdad tanggal 20 januari 2007 lalu disertai tewasnya 12 serdadu amerika merupakan pukulan telak bagi militer amerika , apalagi diperkirakan heli ini jatuh karena tembakan pejuang iraq . belum dikonfirmasi senjata apa yang menyebabkan jatuhnya heli ini namun hanya disebutkan heli mengalami kerusakan teknis serius sebelum jatuh



" Super six one is hit ... the Wolcott birds is hit ....we got a black hawk down ...we got black hawk down .... super six one is down ..... super six one on the deck now ...."



Cerita lama pertempuran mogadishu 1993 kembali terbayang , aroganisme Mayor Jenderal Garisson yang sangat yakin akan kemampuan dan kecepatan QRF ( Quick Respond Team ) nya , idiom kecepatan yang membuat US Army Ranger tidak menggunakan well body protector dan night vision google dalam operasi ini , sementara tranportasi back to base hanya mengandalkan jeep Humvee dan light truck , yang semuanya kembali ke idiom kecepatan gerak , padahal dalam perang kota setidaknya dibutuhkan APC ( armored personal carrier ) bahkan tank M1 Abrams untuk melindungi serdadunya dari sergapan lawan, bahkan untuk air support hanya diberikan oleh Heli MH6 Little Bird dan MH 60 Black Hawk yang ditunjang oleh Delta Force sniper cover , penggunaan pesawat AC 130 Spectre Gunship yang bisa terbang pelan layaknya helikopter dianggap terlalu high profiles .


Sementara itu di pihak Somalia ( US Army call them skinnies ) mereka telah memodifikasi kemampuan RPG's ( rocket propeller grenades ) dengan bantuan pejuang mujahidin yang telah berpengalaman tempur melawan Spetnaz dan serdadu Soviet, ini yang tidak terdeteksi oleh JSOC ( Joint Special Operations Command ) intelligent yang membawahi seluruh group special operation dari berbagai matra militer seperti Navy Seals-nya US Navy, 1'st Special Operation Detachment Delta-nya US Army yang dikenal Delta Force , SOAR nya USAF - Special Operation Aviation Regiment yang lazim disebut Night Stalkers.







Heli ini memiliki cukup banyak variant yang bisa digunakan untuk resque, firefighting seperti yang dimiliki Pemadam kebakakaran LA County dan medical evacuation , disamping itu heli ini terpilih sebagai transportasi dari Presiden Amerika Serikat yang dikenal sebagai Marine One .

1 comment:

Anonymous said...

You write very well.